Peralatan wajib dibawa saat mendaki gunung.

Peralatan wajib dibawa saat mendaki gunung.

Mendaki gunung bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan oleh semua orang. Mendaki gunung juga punya prosedur-prosedur atau teknik-teknik nya. Dan peralatan yang harus dibawa saat mendaki gunung itu harus benar-benar sudah  tersiapkan.  Peralatan saat mendaki gunung  antara lain: 
1.        Carriel
Tas besar atau rekan-rekan pendaki sering menyebutnnya dengan carriel. Carriel ini berguna untuk tempat peralatan saat mendaki gunung/tracking di alam bebas. Carriel tersedia berbagai macan ukuran mulai dari 40L, 45L, 50L, 60L sampai ada yang 100L.


2.       Sepatu dan sandal gunung
Hal yang paling penting untuk melindungi kaki dari serangan serangga, atau yang lainnya. Dan saat perjalanan mendaki gunung sebaiknya menggunakan sepatu jangan menggunkan sandal, akan lebih aman menggunakan sepatu dari pada menggunakan sandal. Dan untuk sandalnya sendiri gunakan pada saat dalam area camping/di saat berada di tenda, karena akan memudahkan aktifitas.

Peralatan mendaki gunung  Peralatan mendaki gunung

3.         Sleeping bag dan matras.
Matras dan sleeping bag sangat berguna untuk tidur. Beberapa pendaki senior menyarankan untuk melapisi matras dengan alumunium foil supaya lebih memberi rasa hangat saat tidur. Mungkin karena panas tubuh yang kita keluarkan terpantul kembali ke tubuh kita oleh alumunium foil

Peralatan mendaki gunung

4.      Jas Hujan.
Jas hujan ini berguna untuk naik motor. Gak ding, bercanda. Jas hujan ini tentu saja berguna di kala hujan tiba. Letakkan jas hujan tersebut di tempat yang mudah dijangkau, sehingga ketika hujan tiba, langsung dapat dipakai seketika itu juga.

Peralatan mendaki gunung

5.       Peralatan makan
Alat makan wajib kita bawa jika kita ingin memasak di gunung. Alat makan tersebut antara lain piring, gelas, sendok, pisau kecil, kompor gas kecil, nesting, dan lain sebagainya. Namun, jika sekiranya kita tidak perlu memasak makanan di gunung, barang-barang ini juga tidak perlu dibawa karena lumayan memperberat barang bawaan. Jika hanya membawa makanan siap santap, tentu saja akan mubazir jika membawa peralatan makan seperti yang telah disebutkan tadi.

Peralatan mendaki gunung


6.      Obat-obatan
Obat-obatan harus dibawa saat mendaki gunung. Ini merupakan bagian dari prosedur darurat (emergency) saat mendaki gunung. Obat-obatan tersebut antara lain obat luka luar (plester, alkohol, obat merah), obat flu, obat penghilang nyeri, obat anti alergi, multivitamin, minyak kayu putih, obat sakit perut, obat-obatan khusus untuk penyakit tertentu, dan lain sebagainya. Obat-obatan favorit para pendaki adalah tolak angin/antangin cair, minyak kayu putih, dan salonpas/counterpain hehehe. Beberapa pendaki menyarankan membawa obat mencret seperti Entrostop untuk menahan berak saat di gunung. Berak di gunung itu lumayan rempong tjuy. Misi kita adalah bagaimana caranya obat-obatan ini tidak terpakai sama sekali, yang berarti sudah saatnya kita bersyukur karena diberi kesehatan dan keselamatan selama mendaki gunung.

Peralatan mendaki gunung

7.       Tissu kering atau tissu basah
Tisu ini berguna untuk membersihkan segala hal, mulai dari membersihkan baju, piring, gelas, membersihkan badan, untuk cebok, dan lain sebagainya. Menurut saya tisu basah sangat wajib dibawa mengingat tisu basah ini memberi efek segar untuk membasuh muka, untuk mandi kering, dan untuk cebok setelah berak. Selain itu, tisu basah ini pada umumnya mengandung zat antibakteri yang berguna untuk menjaga kebersihan tubuh kita dari kuman.
Peralatan mendaki gunung

8.       Makanan/Minuman dan logistik lainnya
Makanan dan minuman juga menjadi barang yang wajib dibawa saat mendaki gunung. Kalau di puncak gunung ada minimart sih tak perlu membawa banyak makanan, yang menjadi masalah adalah di atas puncak gunung seringkali hanya terdapat hamparan pasir dan tanaman semak. Mau makan pasir/semak-semak?
     Peralatan mendaki gunung

Itulah munkin beberapa peralatanwajib yang harus dibawa saat mendaki gunung. Mungkin juga masih banyak lagi yang belum saya tuliskan. Maka dari itu persiapkan semuanya sebelum mendaki gunung. Savety first


Previous
Next Post »
Thanks for your comment