[Madu Gunung] Hewan liar yang sering ditemui di hutan

Hewan liar yang sering ditemui di hutan


       Saat mendaki gunung atau tracking di alam bebas pastinya kalian akan menemui yang namanya hutan. Nah  maka dari itu inilah beberapa hewan yang harus diwaspadai ketika berada di alam bebas antaranya:

    1.        Babi hutan
Meski hewan ini tak akan menyerang lansung, tapi saya pernah menjumpai saat di perjalanan mendaki gunung malam hari. Babi hutan juga mempunyai jalur sendiri artinya dia jarang akan melewati jalur yang digunakan para pendaki yang umumnya, tapi harus tetap waspada, terutama ketika di tenda, ketika babi hutan lapar pasti dia akan mencari makanan dan salah satunya dia akan mendekati tenda para pendaki.

Babi hutan

    2.       Pacet (lintah berukuran kecil)
Lintah yang biasanya lebih suka hidup di tempat berair seperti rawa atau sungai, sawah. Tapi beda dengan lintah yang satu ini lintah ini biasanya hidup di pepohonan, daun-daun, atau di rerumputan. Karena ukurannya yang kecil dan jarang kelihatan oleh mata hati-hati lah ketika sedang duduk di daerah yang sebisa lintah itu hidup.

lintah

    3.        Monyet
Monyet masih sering sekali kita temui di jalur pendakia, misal di jalur pendakian gunung merbabu masih banyak hewan yang bernama monyet(waktu itu saya menemui di jalur selo). Monyet juga mempunyai banyak jenis. Hewan ini juga terkadang bisa menyerang manusia yang ada di dekatnya. Jika bertemu hewan ini sebaiknya jangan ada barang yang berada di luar tas atau ditenteng, karena kemungkinan dia akan mengambil atau mengejar barang itu.

monyet hutan

    4.      Ular
Gigitan ular sangat berbahaya berhati-hati lah saat berada di alam bebas, karena hewan ini lebih suka hidup di tempat-tempat yang kemungkinan hutan, atau yang banyak pepohonan.

ular berbisa

    5.       Anjing hutan atau ajag
Anjing hutan bukan hewan yang sejenis dengan srigala, bukan pula seperti anjing-anjing yang hidup di pedesaan. Anjing hutan atau ajag biasanya hidup bergerombol. Hewan ini biasanya keluar mencari makanan pada saat malam hari. Jadi berhati-hatilah untuk kalian yang sering mendaki gunung pada malam hari, dan juga siap bertemu hewan ini.

Anjing hutan atau ajag
           

            Saat kita berpetualang di alam bebas Ingat !! posisi kita adalah tamu, jadi kita jangan seenaknya dengan alam, harus tetap menjaga etika, sopan santun kepada alam dan juga orang-orang yang tinggal di sekitar situ. Alam juga ciptaan tuhan. Salam Lestari !!
Previous
Next Post »
Thanks for your comment