9 Gunung Yang Cocok Untuk Kalian Yang Baru Pertama Kali Mendaki

Mendaki gunung? Sekarang sudahlah digemari banyak orang dari berbagai kalangan. Sudah dianggap sebagai gaya hidup, kurang lengkap jika hidupmu belum mendaki gunung. Disini saya akan membagi beberapa rekomendasi gunung yang ramah dengan pemula. Tapi bagu mereka yang sudah beberapa kali mendaki gunung, segala jenis gunung medan terjal sekalipun bisa dilewati dan tidak menjadi masalah, karena mereka mempunyai banyak pengalaman dan mengenal teknik-tekniknya. 
Lalu bagaimana dengan mereka yang masih sangat minin pengalaman dan juga belum mengenal teknik-tekniknya, dan apakah seorang pemula tidak boleh mendaki gunung, bukan berarti seperti itu. Bisa belajar dari mereka yang sudah mengetahui dan banyak pengalaman tentang mendaki gunung, dan memilih gunung yang tidak terlalu susah untuk didaki sesuai dengan kemampuan seorang pemula.

1. Kurang lebih 2 jam saja untuk mencapai puncak Gunung Andong 1726mdpl

duatujuhh.blogspot.com
Gambar diambil dari  SINI
Sebelum melakukan pendakian ke gunung-gunung yang tinggi akan lebih baik jika mencoba yang relatif dan bersahabat dengan kemampuan seorang pemula. Gunung Andong terletak di Jawa Tengah, sangat cocok untuk seorang pemula, ketinggian 1726mdpl dan juga jalur yang masih mudah untuk dilewati.

2. Gunung Papandayan, si cantik mempesona yang menarik hati para pendaki.

duatujuhh.blogspot.com
Gambar diambil dari SINI
Pasti kalian setuju jika gunung papandayan adalah gunung yang cantik nan mempesona, selain itu gunung ini ramah dengan semua pendaki termasuk yang baru pertama kali mendaki. Di ketinggian 2256mdpl, jalur yang dilewatipun juga tidak terlalu berat, dan akan disuguhkan dengan kawah-kawah yang megah, keeksotisan hutan mati, serta padang edelweis yang mengikat hati para pendaki.



3. Cobalah untuk melihat padang edelweis alun-alun surya kencana Gunung Gede

duatujuhh.blogspot.com
Gambar diambil dari SINI

Daerah Jawa Barat, Gunung Gede, gunung yang masih tergolong relatif pendek dan cocok untuk pertama kali mendaki gunung. Pemandangannya juga tak kalah dengan Gunung Papandayan, air terjun ciebereun, sumber air panas, serta padang edelweis alun-alun surya kencana. Dengan ketinggian 2958mdpl kamu bisa mencapai puncak setelah melewati waktu sekitar 6jam.

4. Belajar kesederhanaan dari Gunung Pulosari

duatujuhh.blogspot.com
Gambar diambil dari SINI
Jalur yang masih relatif pendek 1346mdpl, tapi janhan pernah meremehkan kesederhanaan Gunung Pulosari ini. Meski jalur yang singkat tapi treknya lumayan bikin capek dan bikin dengkul mau copot. Sekitat 1.5 jam untuk bisa sampai puncak. Terdapat kawah ratu yang berada di puncak. Gunung Pulosari berlokasi di Pandeglan Banten.

5. Jawa timur? Bukan berarti harus ke Semeru.

duatujuhh.blogspot.com
Gambar diambil dari SINI
Gunung Semeru memang sangatlah indah dan juga ahir-ahir ini bertambah banyak pengunjungnya. Tapi disini tak akan membahas Semeru tapi Gunung Penanggungan 1653mdpl. Meski hanya berketinggian 1653mdpl bukan berarti kamu bisa sampai ke puncak dengan mudah, kamu harus menempuh waktu sekitar 4jam untuk bisa mencapai puncak lewat jalur Tamiajeng Trawas. Untuk yang baru pertama kali mendaki dan memilih Gunung Penanggungan sebagai tujuan pertamanya, kamu harus berhati-hati meski cukup pendek tapi jalur yang harus dilewati cukup terjal dan akan menemukan tanjakan dengan kemiringan sekitar 65 derajat.

6. Gunung Pandeman, mari mendaki dengan riang gembira

https://duatujuhh.blogspot.co.id/
Gambar diambil dari SINI
Gunung Pandeman sangatlah cocok untuk yang baru pertama kali mendaki, dengan jalur yang mudah, dan ringan untuk dilalui. Tapi walaupun mudah dan juga berketinggian 2045mdpl Gunung yang berlokasi di Batu, Jawa Timur ini, pemandangannya sangat indah. Bisa melihat gemerlap lampu-lampu kota pada malam hari.

7. Coba deh rasakan sensasi di bukit teletubis Gunung Prau

https://duatujuhh.blogspot.co.id/
Gambar diambil dari SINI
Siapa si yang ga kenal sama Gunung Prau?  Gunung yang sangat pupuler di kalangan pendaki begitu juga dengan keindahannya. Terletak di Wonosobo, Jawa Tengah. Jangan tanyakan lagi soal pemandangan yang indah atau tidak, yang pasti banyak para pendaki yang tergila-gila dengan pemandangannya. Gunung ini mempunyai golden sunrise yang sangat indah spektakuler. Jalur untuk menuju puncak 2565mdpl juga masih tergolong mudah.

8. Kamu akan tahu bagaimana susahnya mencari rupiah setelah mendaki Gunung Ijen

https://duatujuhh.blogspot.co.id/
Gambar diambil dari SINI
Gunung Ijen sangat terkenal dengan blue firenya dengan kawah yang memukau. Dengan ketinggian 2443mdpl kamu bisa mencapai puncak dengan waktu sekitar 2 jam. Kamu juga akan bertemu bapak-bapak perkasa yang bekerja sebagai tambang belerang. Mereka sangat kuat memikul belerangnya demi bisa menafkai keluarganya, begitu semangatnya hidup mereka. Dan disitulah kamu akan tau bagaimana susahnya mencari rupiah.
9. Ketinggian 2050mdpl tapi serasa di gunung ketinggian 3000mdpl

https://duatujuhh.blogspot.co.id/
Gambar diambil dari SINI
Jika kamu tinggal di Jawa Tengah pasti tak asing lagi dengan Gunung Ungaran. Meski hanya berketinggian 2050mdpl tapi jangan menganggap remeh gunung ini. Tapi juga bukan berarti tidak cocok untuk kalian yang pertama kali mendaki. Dari situ kalian bisa berlatih sebelum kalian akan pindah ke gunung-gunung yang lebih tinggi.


Sebenarnya tidak ada istilah gunung tertinggi, karena mendaki bukan hanya tentang puncak yang dicapai. Melainkan rasa bersyukur kita kepada Yang Kuasa. 



Kenapa Kamu Yang Seiring Di Rumah Terus, Sesekali Mencoba Untuk Keluar Rumah
Inilah Kenapa Seorang Pendaki Adalah seorang Pacar Idaman

Previous
Next Post »

3 comments

Click here for comments
Unknown
admin
March 2, 2017 at 2:48 AM ×

wah bikin ngiler liat view gunung

Reply
avatar
Unknown
admin
May 4, 2017 at 10:29 AM ×

gunung prau,, gg pernah bosen nanjak k sana walaupun uda pernah

Reply
avatar
Thanks for your comment