Gunung Kunir Benowo

Gunung kunir, tapi lebih enak dipanggil bukit kubir.
Wisata ini terletak di Desa Benowo, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.
Gunung kunir mempunyai pemandangan yang cukup menakjubkan. Kita dapat melihat gunung merapi, merbabu, sumbing dengan jelas. Selain itu, Desa Benowo ini dikenal salah satu penghasil cengkeh. Untuk wisata alam terdapat wisata pegunungan berupa Gunung Kunir dan juga terdapat tiga curug yang bagus, yaitu Curug Batur, Curug Benawan dan Curug Padusan.
Di atas ketinggian sekitar 950 meter di atas permukaan laut , pengunjung juga dapat melihat view Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro. Pengunjung juga dapat
menikmati indahnya Sunrise diwaktu pagi dari puncaknya, walaupun tak setinggi gunung gunung lainnya tapi tidak kalah indah pemandangannya.
Gunung kunir ini ada dua puncak. Puncak pertama adalah puncak ketika pertama kali kita sampai di atas Gunung Kunir. Puncak pertama ini cukup luas, biasanya para pengunjung
mendirikan tenda di puncak ini. Bisa untuk mendirikan tenda sekitar kurang dari 7 tenda saja.
Pada puncak kedua adalah berupa batuan yang agak sempit. Pada puncak ini sebaiknya berhati - hati karena disekelilingnya adalah jurang yang cukup dalam. Akan berbahaya jika kita sampai terjatuh dari tempat tersebut, bisa - bisa nyawa kita tidak akan tertolong. Oleh karena itu, utamakan keselamatan kalian! Bagaimana medan pendakian gunung kunir?
Untuk mencapai gunung kunir ini kita dapat menaiki menggunakan sepeda motor sampai dekat gunung kunir. Kita taruh kendaraan di pinggir jalan dan naik menuju gunung kuni sekitar 10 menit dengan jalan kaki. Ini cocok untuk latihan awal mendaki.
Jalanan menuju Gunung Kunir
Akses dan rute untuk menuju gunung kunir ini terbilang cukup mudah, pengunjung bisa memilih empat jalur diantaranya adalah dengan lewat Kecamatan Loano, Bener atau dari Kota
Jogjakarta lewat Samigaluh Kulonprogo dan jika dari arah Magelang, pengunjung lewat Kecamatan Salaman.
Lanjutannya, jika dari jogja bisa lewat
Kecamatan Samigaluh, kemudian masuk
Kecamatan Loano Kab. Purworejo tepatnya Desa Sedayu, Desa Banyuasin, lewat Desa Kalitapas, Desa Jokokasian kemudian sampai di Desa Benowo.
Untuk medan setelah melewati SD N Benowo, kita akan melewati jalan aspal dan setapak. Setelah sekitar 50 meter melewati jalan setapak, kita akan melewati jalan dari tatanan batu sekitar 20 meter, hati - hati karena cukup licin (Sepertinya sudah diperbaiki). Kemudian kita melewati jalan setapak lagi dan ikuti terus sampai disebelah kiri ada bukit yang cukup tinggi. Tinggal motor di pinggir jalan. Kemudian kita mendaki melewati jalanan tanah sempit di sebelah kanan jalan sekitar 10 menit dan sampailah di puncak gunung kunir.
Saran pendakian Mendakilah pagi hari agar mendapat pemandangan yang indah. Tetapi pada pagi hari, kadang juga berkabut dan tidak dapat melihat pemandangan. Demikianlah sekilas tentang pemandangan dan Trek menuju Gunung Kunir Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo.

puncak gunung kunir
Gunung kunir benowo

puncak gunung kunir
Puncak gunung kunir







Previous
Next Post »

1 comments:

Click here for comments
January 27, 2017 at 10:09 PM ×

Kapan kapan anterin saya kesana mas

Congrats bro Musliman Ashari Al Hafeezy you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar
Thanks for your comment