Langkah-langkah dan prosedur pendakian


Umumnya langkah” yang biasa dilakukan oleh kelompok” pecinta alam suatu kegiatan pendakian gunung meliputi tiga langkah, yaitu:
1.    Persiapan
Yang dimaksud persiapan pendakian gunung adalah:
·         Menentukan pengurus panitian pendakian yang akan bekerja megurus :perijinan pendakian, perhitungan anggaran biaya, penentuan jadwal pendakian, persiapan perlengkapan/trasportasi dan segala macam urusan lainnya yang berkaitan dengan hal pendakian.
·         Persiapan fisik dan mental anggota pendaki, ini biasanya dilakukan dengan berolahraga secara rutin untuk mengoptimalkan kondisi fisik serta memaksimalkan ketahan nafas. Kemugkinan hal yang tak terduga timbul dalam pendakian beserta cara-cara penceahan/pemecahannya.

2.    Pelaksanaan
Bila ingin mendaki gunung yang belom pernah didaki, disarankan membawa guide/penunjuk jalan atau paling tidak mengajak seorang yang pernah mendaki gunung tersebut, atau bisa juga menngunakan dengan membaca jalur pendakian. Untuk memudahkan koordinasi, semua peserta dibagi menjadi 3 bagian
-         Kelompok pelopor
-         Kelompok inti
-         Kelompok penyapu
Masing” kelompok , ditunjuk penaggung jawaban oleh komandan lapangan (penaggung jawab koordinasi). Daftarkan kelompok anda pada buku pendakian yang tersedia di setiap basecamp pendakian, biasanya menghubungi anggota SAR atau juru kunci gunung. Dalam perjalanan pendakian diusahakan posisi anggota tetap yaitu : pelopor di depan(disertai guide), kelompok inti di tengah, dan tim penyapu di belakang. Jangan segan” untuk menegur pesertata yang melanggar peraturan ini. Demikan juga saat turun pendakain posisi semula diusahakan tetap. Setelah tiba di puncak dan di basecamp jangan lupa mengecek jumlah anggota.
3.    Evaluasi

Biasakan melakukan evaluasi dari setiap kegiatan yang akan dilakukan, karena dengan evaluasi kita akan tau kekurangan dan kelemahan yang kita lakukan. Ini menuju perbaikan dan kebaikan.


Previous
Next Post »
Thanks for your comment