[Madu Gunung] Tips mendaki gunung saat cuaca tidak menentu

Tips mendaki gunung saat cuaca tidak menentu

Ketika sesorang mempunyai hobi atau mempunyai suatu hal yang dia sukai, dan jika hobi tersebut adalah suatu perjalanan atau travelling, pasti dia akan tetap melukan hobi tersebut bahkan di hari-hari sibuk kerjaan atau sibuk dengan tugas sekolah. Dia akan tetap mencari waktu luang untuk melakukan hobi tersebut.
            Tapi yang menjadi masalah yaitu ketika musim penghujan, hal ini akan sangat menghambat saat para penghobi travelling saat melakukan perjalanan, misal saat mendaki gunung. Tapi bagi para pecandu ketinggian mungkin hal seperti itu tidak akan menjadi penghambat untuk tidak mendaki gunung. Dan inilah beberapa tips dari saya mendaki gunung saat cuaca tidak menentu, kadang cerah terkadang juga hujan.

      1.   Jas hujan
Inilah salah satu hal yang paling penting untuk menimalis disaat perjalanan terjebak hujan. Saya sarankan gunakanlah mantol yang bisa menutupi seluruh bagian tubuh, karena jika ada bagian tubuh yang basah, sangat dingin sekali takunya terkena hipotermia.

http://duatujuhh.blogspot.co.id


 2.    Plastik
Kecil tapi sangat berguna banget disaat cuaca hujan,dan juga ketika saat kita packing saya sarankan barang-barang yang mungkin mudah basah, baju ganti, logistik, alat-alat elektronik sebaiknya disimpan dengan menggunakan alat pelindung agar tidak basah, dan mungkin pakaian bisa dimasukkan di dalam plastik.

http://duatujuhh.blogspot.co.id

 3.    Logistik
Persiapan logistik sangatlah penting, misal saat kita siap mau packing untuk turun kembali ke basecamp dan tiba-tiba hujan turun sangat deras, apa mungkin kita akan tetap melanjutkan perjalanan, pasti kita akan berada di tenda dulu, nah sambil menunggu hujan reda lebih enak jika sambil membuat makanan, atau sekedar ngemil.

http://duatujuhh.blogspot.co.id

 4.    Persiapan baju ganti
Saat dalam perjalanan pendakian terjebak hujan pasti baju yang kita kenakan menjadi lembat atau malah basah, walaupun kita sudah memakai jas hujan. Jika pakaian yang basah dipaksakan untuk dipakai nanti badan kita yang tidak kuat, malah bisa sakit atau malah bahaya lagi jika terkena hipotermia.
http://duatujuhh.blogspot.co.id

      5.    Jaket gunung
Jaket gunung juga barang yang harus dibawa saat pendakian karena suhu di gunung sangat dingin, apalagi ketika hujan pasti akank lebih deingin lagi, maka dari itu kita wajib menggunakan jaket, atau bisa pakai sleepingbag.

http://duatujuhh.blogspot.co.id

       Nah mungkin itulah beberapa tips dari saya tentang mendaki gunung saat cuaca tidak mendukung, memang kita tak bisa meramal cuaca apakah besok cerah ataukah hujan, hanya allh lah yang tau, tapi setidaknya kita bisa mempersiapkan terlebih dahulu peralatan-peralatan yang dibutuhkan ketika mendaki gunung. Savety First. Salam lesari !



Previous
Next Post »
Thanks for your comment